Urban legend dari Jepang, Hantu Kepercayaan Orang Jepang

Bicara tentang kisah seram, kita semua pastinya akan setuju jika setiap daerah dan juga setiap tempat, mempunyai kisah dan cerita seramnya masing-masing. Beberapa orang mungkin tidak percaya dengan hal tersebut, namun ada pula yang masih percaya dengan legenda rakyat seperti itu. Urban legend atau sebuah legenda urban merupakan cerita rakyat yang biasanya, cerita tersebut sudah melegenda sejak lama dan ada pada daerah-daerah tertentu. Sebenernya legenda urban ini sama juga halnya seperti cerita dongeng yang kita dengar.

Urban legend dari Jepang, Hantu Kepercayaan Orang Jepang

Di Jepang sendiri kisah horor semacam ini memiliki nama lain, cerita seram biasanya disebut dengan Toshi Densetsu atau sebuah legenda urban Jepang. Yaitu cerita legenda rakyat jepang yang sudah beredar luas di masyarakat modern, tentang sebuah makhluk spiritual yang disebut dengan nama yokai (iblis, hantu atau sebuah roh) yang selalu mengganggu ataupun juga mencelakai manusia yang tidak berdosa.

Walaupun sekarang teknologi di sana sudah sangat maju, hal itu tersebut tentunya tidak menghilangkan beberapa mitos-mitos yang sudah dipercaya oleh masyarakatnya Jepang sejak lama. Nah dalam artikel ini sudah kami kumpulkan beberapa urban legend terkenal dari Jepang.

Daruma-san

Hantu ini adalah sebuah hantu yang akan keluar dari dalam bath-up atau bak mandi dengan mata melotot. Orang yang melihat hantu ini nantinya di percaya akan diikuti terus sepanjang hari sebelum mereka akhirnya dibunuh. Konon ceritanya Daruma dulunya adalah seorang perempuan yang terpeleset di kamar mandi, dan kemudian meninggal. Cerita ini mungkin terkenal sangat sera, dan orang-orang Jepang masih mempercayainya.

Hanako-san

Toire No Hanako-san adalah sebuah legenda terkenal yang berkaitan dengan sekolah dasar yang ada di Jepang. Hanako bisanya akan muncul jika anda nantinya masuk ke toilet umum di bilik ketiga dan kemudian mengetuk tiga kali dan menanyakan apakah ada orang di dalam toilet. Tak lama ia nantinya akan membuka pintu dengan tubuh yang berdarah-darah. Hanako yang diduga sebagai arwah seorang murid yang bunuh diri karena dirinya ditindas oleh murid lain, atau dirinya sebagai korban bullying di sekolah.

Puisi mematikan, ‘Neraka Tomino’

Neraka Tomino adalah sebuah puisi kematian yang dapat membunuh siapapun yang nantinya berani membacanya dengan menggunakan suara lantang. Menurut legenda Jepang, jika seseorang membaca puisi Tomino dengan menggunakan suara keras, maka ia nantinya akan mengundang kematian atau ia akan mengundang bencana bagi dirinya sendiri.

Dari beberapa sumber yang beredar, cerita ini berawal dari Tomino, yang merupakan seorang anak kecil yang cacat dan kemudian ia membuat puisi yang sangat menyeramkan. Lalu kemudian orang tuanya mengurung Tomino dan kemudian tidak memberinya makan. Karena hal itulah, Tomino kemudian meninggal dengan cara yang tidak wajar. Jika anda berani puisi ini bisa anda dapatkan dengan mudah di Internet. Jangan lupa untuk membacanya dengan suara yang lantang.

Teke-teke

Legenda ini adalah sebuah legenda Jepang yang mengisahkan tentang seorang gadis yang badannya sudah terlindas oleh kereta api dan kemudian terbagi menjadi dua. Hantu ini yang memiliki sebuah keinginan yang sangat besar untuk membalaskan dendamnya. Konon ia yang diceritakan selalu membawa sabit dan berjalan dengan kedua tangannya dan akan mengejar korbannya dengan sangat cepat. Saat berlari itulah maka asal mula hantu ini dinamai Teke-teke, karena akan terdengar suara tek-tek atau teke-teke pada saat dirinya mengejar.

Aka Manto

Hantu ini adalah salah satu juga dari hantu toilet yang populer di Jepang. Dengan mengenakan sebuah jubah merah, ia yang nantinya akan menghantui korbannya dan kemudian menanyakan mau tisu biru atau kah tisu merah. Jika korban nantinya akan menjawab merah, maka Aka Manto yang nantinya akan memotong leher korban hingga seluruh tubuhnya akan berlumuran darah merah. Namun jika korban nantinya memilih biru, Aka Manto nantinya akan mencekik leher korban hingga tubuhnya berubah jadi warna kebiruan.

Kokkuri-san Game

Mirip halnya dengan sebuah permainan Jelangkung yang ada di Indonesia. Kalau Jepang sendiri mereka punya yang namanya Kokkuri-san. Dalam permainan ini nantinya akan dibutuhkan sebuah kertas yang akan bertuliskan huruf-huruf hiragana dan juga sebuah koin. Telunjuk masing-masing peserta nantinya harus menempel pada koin yang akan diletakkan diatas kertas tersebut. Setelah mantra pemanggil dari Kokkuri-san akan dibacakan, koin yang nantinya akan bergerak untuk menandakan bahwa ada arwah yang sudah datang.

Nah, yang harus diingat di dalam permainan Kokkuri-san ini, para peserta nantinya tidak boleh lupa mengucapkan kata selamat tinggal pada Kokkuri-san setelah nantinya permainan selesai. Atau nantinya jika tidak mereka yang akan dihantui arwah tersebut terus-menerus. Cara lain agar nantinya anda selamat dari gangguan arwah Kokkuri-san ini adalah peralatan permainan tersebut yang nantinya harus dibuang dalam waktu tertentu, atau membelanjakan koin yang sudah dipakai saat bermain. Jika tidak, nantinya para peserta akan dihantui terus menerus dan juga akan dapat berakibat pada kematian. Bagaimana anda berani bermain permainan ini ?

Aka Hanten

Hantu ini merupakan hantu seorang anak lelaki yang sangat tampan dan hantu ini akan membuat semua gadis dapat tergila-gila kepadanya. Ketampanan dari hantu ini nantinya akan membuat semua gadis bersedia untuk dapat menuruti keinginannya mereka. Ia pun nantinya akan menutupi mukanya dengan menggunakan topeng putih.

Hantu ini senang menculik para gadis cantik yang telah ia temui dan gadis tersebut nantinya tidak pernah bisa ditemukan kembali oleh keluarganya. Saat nantinya ia mendekati korbannya ia akan menanyakan apakah gadis tersebut bersedia untuk dipakaikan jubah merah atau tidak. Jika ia berkata ia maka nantinya Aka Hanten akan mengenakan jubah mereha tersebut dan kemudian akan menghancurkan bajunya dan menguliti tubuh gadis tersebut.

Jinmenken

Hantu dan juga urban legend yang satu ini merupakan anjing dengan wajah manusia. Biasanya Jinmenken akan muncul di malam hari di daerah perkotaan Jepang. Ia yang akan berlari di sepanjang jalan dengan kecepatan yang sangat cepat. Jinmenken juga bisa berbicara seperti manusia dan suka menyendiri. Jinmenken merupakan arwah korban kecelakan yaitu seorang pria dan anjing kesayangannya. Mereka berdua kemudian tewas bersama.

Yurei

Di Jepang, hantu yang biasanya dikenal sebagai Yurei. Kata “Yu” yang berarti adalah halus atau samar-samar, dan juga kata “Rei” yang berarti roh ataupun juga arwah. Mereka tidak memanggilnya dengan sebutan Setan ataupun jin. Berdasarkan dengan kepercayaan orang Jepang, semua manusia mempunyai roh atau pun arwah yang disebut sebagai wujud dari reikon. Setelah seseorang meninggal, reikon nantinya di percaya akan pergi meninggal kan tubuhnya keempat penyucian arwah.

Disana nantinya akan menunggu tubuhnya dikubur dan kemudian mendapatkan pemakaman yang layak. Jika semuanya berjalan lancar, reikon yang akan melindungi keluarganya yang masih hidup. Dan dipercaya bahwa arwah orang meninggal tersebut nantinya akan kembali ke keluarganya yaitu setiap tahun yang kemudian dinamakan dengan festival Obon Jepang.

Demikian itulah urban legend dan kepercayaan masyarakat Jepang, tentang hantu yang menyeramkan yang sudah lama menjadi urban legend disana. Walaupun negara Jepang yang sekarang kita kenal dengan kecanggihannya, namun mereka masih memegang dan juga menjaga tradisi mereka termasuk urban legend yang masih mereka percayai.