Tata Cara Makan Jepang Buat Pemula

Seringkah anda makan di restoran Jepang? Agar tak terlihat aneh dan juga terlihat canggung, maka anda tentunya harus memahami beberapa etiket makan mereka. Dari cara menggunakan sumpit hingga juga sebuah cara yang digunakan untuk makan nasi. Setiap bangsa tentunya pasti memiliki sebuah etiket atau juga yang dikenal dengan sebuah tata cara makan. Demikian juga dengan yang ada dan juga dilakukan oleh orang Jepang. Mulanya mungkin hal-hal tersebut teras sulit tetapi, jika Anda yang dimana nantinya akan bisa mengikuti tahapan dasarnya, tentunya hal tersebut akan menjadi sebuah hal yang akan terasa mudah.

Tata Cara Makan Jepang Buat Pemula

Di Jepang sendiri yang dimana sebagai negara daftar sbobet88 yang menjunjung tinggi sebuah sopan santun, hanya dengan sebuah sikap dan juga dengan sebuah etika makan yang kurang baik saja, kadang-kadang dapat menjadi salah satu hal yang bisa langsung dikucilkan. Maka dalam artikel ini sendiri akan dibahas tentang sebuah dasar etika pada saat anda makan-makanan di Jepang. Khusus untuk anda yang memang seorang pemula, tentunya ada beberapa hal ini bisa menjadi sebuah hal yang dimana tentunya perlu anda pahami dari mengawali hingga juga saat anda mengakhiri santapan, khususnya untuk sebuah acara makan kasual atau juga sebuah acara makan yang informal.

Dilansir dari Tsunagu Japan dimana pada saat berwisata di negeri orang, sebisa mungkin kita yang tentunya harus mengikuti sebuah peraturan yang ada dan juga yang berlaku, tidak terkecuali tentang sebuah etika makan. Semakin banyak orang Indonesia yang nantinya berkunjung ke Jepang, tidak ada salahnya maka untuk belajar tentang sebuah etika makan yang dapat berlaku.

Orang Jepang ternyata memiliki sebuah etika makan yang tentunya cukup unik. Belajar etika makan di Jepang sendiri tidak hanya penting pad saat anda makan di Jepang, tetapi juga menjadi sebuah hal yang penting yang nantinya akan dapat menjalin sebuah komunikasi yang baik pada saat anda nantinya akan bersantap dengan orang jepang.

Ucapan ‘Itadakimasu’

Setelah makanan anda sudah ada dna juga sudah siap di depan Anda, sebelum anda nantinya akan mulai makan maka nantinya anda sebaiknya ucapkan tentang ‘itadakimasu’ atau ‘selamat makan’. Ucapan ini yang dimana menjadi sebuah ucapan yang digunakan sebagai penghargaan yang ada pada tuan rumah, chef dan juga beberapa orang-orang yang sudah menyiapkan makanan.

Jika ada sebuah restoran yang sangat ramai maka anda yang tak perlu keras-keras mengucapkannya. Cukup dengan cara perlahan saja. Ada baiknya juga dimana anda yang selalu ucapkan ‘itadakimasu’ di manapun pada saat anda menyantap makanan yang ada di Jepang sebagai sebuah tanda dari penghormatan anda.

Lepaskan sumpit

Jika sumpit yang dimana masih dalam bungkusnya, maka tugas anda adalah untuk keluarkan sumpit kemudian anda bisa pisahkan dengan sebuah gerak horizontal. Sebaiknya anda yang juga tak menggosok-gosokkan dua sumpit karena, hal ini sendiri adalah sebuah hal yang dianggap tak sopan. Jika disediakan sebuah tatakan sumpit di meja makan, maka lipat secara segitiga kerta pembungkusnya sumpit tersebut dan kemudian taruh sumpitnya di atasnya.

0shibori

Sebelum anda yang nantinya akan makan biasanya and yang dimana akan diberi handuk panas atau juga sebuah handuk dingin, di peruntukan untuk membersihkan tangan anda nantinya sebelum anda makan. oshibori ini sendiri yang dimana hanya untuk membersihkan tangan, tidak sopan untuk menggunakan oshibori untuk dapat membersihkan bagian tubuh lainnya selain tangan, semisal untuk menyeka wajah. setelah selesai pakai, maka anda yang bisa dilipat kembali dan letakan kembali ke sebuah tempat semula. Sangat tidak sopan ketika oshibori yang dimana telah digunakan untuk membersihkan meja makan.

Memakan nasi

Saat anda nantinya akan makan sebuah nasi, maka angkat nasi di dalam mangkuk anda ke dekat badan lalu pegang dengan menggunakan tangan kiri dan gunakan juga tangan kanan untuk memegang sebuah sumpit. Mulailah nantinya untuk dapat memakan dengan menggunakan sumpit, dekatkan mangkuk nasi ke arah dekat dada anda, dimana nantinya hal tersebut akan memudahkan anda saat anda makan nasi.

Makan sup

Jika ada anda sedang berada di restoran Jepang, lalu yang disajikan adalah sup, misalnya saja sebuah sup miso. Aduk-aduk sup dengan sumpit lalu angkat mangkuk anda dengan menggunakan tangan kiri. Dekatkan juga ke arah mulut dan juga anda yang dimana nantinya akan dapat minum kuah sup dan juga kemudian anda yang bisa langsung minum dari mangkuk. Gunakan juga tangan kanan anda yang dimana bisa anda gunakan untuk mengaduk dan juga mengangkat tou dan juga wakame ke mulut. Kadang-kadang juga disediakan sebuah sendok bebek. Jika ada sendok anda yang dimana tentunya bisa memakai sendok.

Habiskan makanan

Restoran yang ada di Jepang dimana menjadi sebuah restoran yang tidak akan melayani sisa makanan yang dibungkus dan dibawa pulang. Terutama untuk sebuah alasan kebersihan dan juga untuk sebuah sanitasi. Karena itu pada saat anda akan makan tanyakan dulu ukuran porsi makanan dan juga pastikan Anda yang dimana nantinya akan sanggup menghabiskan. Akan sangat tidak sopan jika nantinya anda yang meninggalkan banyak makanan sisa yang ada di mangkuk dan juga piring. Usahakan juga anda yang mana digunakan untuk menyantap habis makanan yang sudah disajikan di depan Anda.

Taruh kembali sumpit

Kalau nantinya ada tatakan sumpit, masukkan saja kembali sumpit ke dalam kertas pembungkusnya sehingga nantinya hal ini akan menjadi sebuah hal yang akan terlihat bersih dan juga akan terlihat sangat rapih. Tinggalkan meja dengan sebuah piring, mangkuk dan juga sumpit yang nantinya anda tinggalkan dalam sebuah keadaan bersih dan juga dalam keadaan rapi diatas meja. Budaya bersih dan rapih ini adalah sebuah budaya orang Jepang saat mereka makan di sebuah Restoran, biasanya mereka yang akan merapikan bekas makan mereka dengan menumpuk piring dan juga mangkok yang ada di atas meja selesai mereka makan.

Ucapan ‘gochisosama desita’

Sebagai sebuah tanda santapan yang dimana sudah berakhir, maka anda yang jangan lupa ucapkan ‘gochicosama desita’ Ungkapan ini berarti adalah sebuah ucapan dari rasa ‘terima kasih’, ‘puas’ sekaligus juga sebuah rasa penghormatan kepada yang menyiapkan makanan atau yang dimana sudah mengundang anda makan. Saat nantinya anda yang akan memulai dan mengakhiri makan selalu tangkupkan juga tangan di depan dada saat mengucapkan sebuah kata ‘itadakimasu’ dan ‘gochicosama desita’ sebagai sebuah tanda kesopanan.

Itulah beberapa etika makan yang biasanya akan dilakukan oleh orang Jepang. Orang Jepang sendiri adalah orang yang selalu menjunjung tinggi tentang sebuah kesopanan yang dimana dapat menjadi sebuah hal yang dapat anda gunakan saat anda diundang dalam jamuan makan di restoran Jepang.