Aneka Macam Hal Seputar Jepang

Banyak hal menarik yang sering disinggung mengenai Jepang. Seperti aneka sajian makanan dan aktivitas aneka macam kegiatan yang sering dijalankan di negara tersebut. Tidak hanya oleh para warga negara asli, banyak juga turis dan wisatawan asing yang dapat turut merasakan pengalaman serupa dengan warga negara Jepang. Meskipun sudah dapat disebut sebagai masyarakat moderen dari daerah Asia, orang Jepang umumnya masih memegang budaya dan adat dengan sangat kuat. Sehingga pemandangan akan wanita yang berpakaian tradisional secara lengkap masih sering ditemui di daerah perkotaan besar.

Mengenai Makanan Jepang

Makanan Jepang merupakan jenis makanan istimewa yang memiliki ciri khasnya dan unik. Memiliki sedikit kesamaan dengan makanan asia yang lain, makanan Jepang banyak diproses dengan metode pengolahan yang banyak disajikan segar dengan bahan-bahan yang dipilih secara selektif. Makanan pokok di Jepang juga menggunakan beras sama seperti di Indonesia.

Beberapa contoh masakan Jepang yang populer hingga ke Indonesia diantaranya sushi, ramen, aneka olahan lauk berbasis sapi dan ayam, snack seperti takoyaki dan onigiri (nasi yang dikepal membentuk segitiga) terlihat banyak memiliki gerai dan cukup diminati di Indonesia. Hidangan di jepang umumnya tersedia bersama ocha atau teh hijau hangat sebagai minuman pelengkapnya. Sedangkan varian teh hijau dingin yang biasa disukai anak-anak serta anak muda disebut dengan istilah matcha.

Pemandian Air Panas Onsen

Ini adalah suatu kebudayaan unik yang dipercaya sehat untuk diterapkan. Aktivitas berendam di perairan air panas ini dikenal dengan nama onsen. Banyak turis yang Terdapat beberapa sumber air panas yang dikembangkan menjadi resort tempat berendam seperti spa. Onsen menjadi salah satu obyek wisata menarik yang berkaitan erat dengan adat serta istiadat dimata para turis. Terdapat beberapa peraturan yang berlaku di onsen, dimana para pengunjungnya diwajibkan untuk menanggalkan seluruh pakaian saat berendam. Hal ini menjadi sebuah keharusan untuk memberi manfaat yang paling maksimal bagi tubuh. Onsen sendiri memiliki manfaat seperti dipercaya sangat bagus untuk kesehatan bagi tubuh manusia dan memiliki efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran, ditengah padatnya aktivitas serta dunia kerja kehidupan moderen di Jepang. Air onsen juga bermanfaat dalam menutrisi dan meremajakan kulit. Selama pengunjung menaati prosedur yang berlangsung dalam ketetapan waktu berendam, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti lemas hingga pingsan. Beberapa tempat onsen juga menyediakan hidangan kecil yang dapat diperoleh pengunjungnya seusai berendam.

Selain berada di tempat-tempat khusus, beberapa fasilitas onsen juga tersedia di tempat penginapan besar seperti yang sering digunakan rombongan tertentu. Jenis onsen yang berlokasi di penginapan ini menjadi fasilitas seperti yang terdapat pada hotel berkolam renang. Dimana semua penghuni dari penginapan tersebut berhak untuk berendam disana sesuai dengan ketetapan yang berlaku. Bahkan ada beberapa hotel yang menjadi terkenal di Jepang oleh karena fasilitas onsennya yang banyak disukai orang.

Maskot dan Kepercayaan di Jepang

Kitsune (rubah berekor sembilan)

Negara Jepang memiliki banyak kepercayaan akan hewan-hewan tertentu yang menjadi simbol akan sesuatu hal. Tak jarang ditemui, banyak terdapat patung berbentuk hewan misalnya rubah putih atau Kitsune (rubah berekor sembilan yang merupakan mahluk dalam mitologi di Jepang) bangunan-bangunan kuil yang Mereka juga percaya akan kekuatan dari jimat yang diharapken membawa keuntungan bagi pemegangnya. Tak jarang ditemukan toko yang menjual aneka macam jimat di tempat publik, yang dipercaya dapat mendatangkan hal baik sesuai permintaan yang diharapkan. Seperti mengenai sekolah, pekerjaan, jodoh maupun kekayaan. Terdapat perbedaan harga untuk jimat-jimat tertentu yang umumnya lebih dicari banyak orang, seperti salah satunya jimat akan pekerjaan.

Rokuro Kubi

Banyak sosok tertentu yang menjadi kepercayaan di Jepang, seperti adanya Rokuro Kubi (hantu yang berwujud wanita berkimono dengan leher panjang), Kasa Obake atau juga disebut Karakasa (hantu berwujud payung yang memiliki mata dan mulut), Tengu (mahluk berwujud manusia raksasa berwarna merah yang berhidung panjang besar), Kappa (iblis hijau yang memiliki bentuk seperti katak yang memanggul rumah di punggungnya seperti kura-kura), Zashiki Warashi (iblis berwujud anak kecil yang nakal, atau dalam beberapa kepercayaan dianggap sebagai mahluk yang dapat membawa keuntungan saat tinggal di sebuah rumah) serta Yuki Onna atau Yukihime (hantu berwujud wanita cantik yang tinggal di daerah bersalju. Dimana yuki berarti salju, onna adalah wanita sedangkan hime adalah putri yang dipercaya suka menggoda pria dan mengakibatkan orang tersebut mati beku). Sosok-sosok ini dikenal masyarakat Jepang dengan istilah Yokai. Juga beberapa hantu yang terkenal dari Jepang seperti Sadako (hantu wanita berambut panjang yang sering ditampilkan keluar dari sumur), Kuchisake-Onna (hantu wanita yang bermulut sobek yang menurut sejarah mati akibat diperkosa dan mulutnya disobek).

Kuchisake-Onna

Yuki Onna (Yukihime)

Di hari pertama tahun baru, banyak masyarakat Jepang yang memiliki kebiasaan untuk berkunjung ke kuil untuk berdoa dan berharap mendapatkan hari-hari baik yang ditempuhnya selama setahun. Dimana dimalam tahun barunya, daerah perkotaan biasanya selalu ramai akan masyarakat yang berkumpul untuk merayakan hari pergantian tahun baru dilengkapi dengan acara hitung mundur saat detik-detik terakhir sebelum tepat pukul 12 tengah malam.