Karakteristik Orang Jepang yang Unik dan Menarik

Terkenal karena berbagai macam budayanya, Jepang juga menjadi negara yang sangat populer akan karakteristik orang-orangnya yang cukup unik. Cara hidup mereka yang sangat unik membuat orang-orang Jepang tersebut terlihat sangat menarik. Identitas inilah yang kemudian berhasil membedakan mereka dengan orang-orang dari negara lain. Bahkan, ada beberapa karakteristik baik yang bisa kita tiru di dalam kehidupan sehari-hari.

Karakteristik Orang Jepang yang Unik dan Menarik

Tidak hanya budayanya saja yang sangat terkenal, banyak orang mengenal Jepang dari berbagai sisi, baik itu makanannya dan juga gaya hidupnya yang sehat. Ternyata hal ini tidak terlepas juga dari karakteristik yang dimiliki oleh orang-orang Jepang yang memang sudah tertanam sejak dahulu.

Jepang menjadi salah satu dari negara impian yang ingin dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Begitu banyak hal-hal menarik yang ada di Jepang. Berikut ini akan dibahas beberapa karakteristik daftar s1288 dari orang Jepang yang cukup unik dan juga menarik.

Tepat waktu

Orang-orang dan juga seluruh sistem yang ada di Jepang memiliki sebuah rasa hormat yang sangat tinggi pada disiplin dan juga tepat waktu. Kereta api serta transportasi publik lain seperti bus juga akan sangat tertib soal hal ini. Bahkan, sebuah perusahaan kereta api yang ada di sana pernah mengeluarkan sebuah permintaan maaf pada publik hanya karena berangkat lebih cepat 25 detik dari jadwal awal.

Selain itu, perusahaan kereta api juga mengeluarkan sebuah slip permintaan izin terlambat bagi para penumpang yang terkena imbas akibat keterlambatan mereka agar nantinya bisa ditunjukkan pada atasannya.

Pekerja yang lebih keras

Orang Jepang adalah orang-orang yang selalu menghormati tugas apapun yang mereka lakukan, terutama yang terkait dengan sebuah pekerjaan. Hal ini diungkapkan dalam istilah “karoshi” yang juga sering digunakan untuk menggambarkan sikap mereka terhadap pekerjaan yang memiliki arti “mati karena terlalu banyak memiliki pekerjaan.”

Sehingga, normal apabila anda melihat orang Jepang bekerja jauh lebih lama dibanding dengan apa yang diharapkan. Bahkan, tidur siang di kantor adalah sebuah hal yang biasa.

Sangat tekun dalam pekerjaan

Mereka adalah orang-orang yang begitu tekun dalam bekerja hingga terkadang banyak yang tidak libur. Tenaga kerja di sana di ketahui menghabiskan hampir 200 sampai dengan 400 jam lebih banyak untuk bekerja, daripada negara seperti Jerman dan juga Prancis. Hal ini berimbas pada hilangnya libur tahunan yang ada di Jepang hingga 17 persen karena banyak orang yang tidak mau menggunakannya.

Bahkan, belum lama ini meskipun supir bus dalam masa demonstrasi namun mereka tetap bekerja menolak bayaran dari para penumpang. Hal ini membuat perusahaan rugi namun tidak merugikan para penumpang.

Sangat sopan

Salah satu cara menyapa orang Jepang yang paling terkenal adalah dengan cara membungkuk satu sama lainnya. Tidak cuma sekali bahkan mereka bisa melakukannya sebanyak tiga kali. Sopan dalam bahasa Jepang disebut “reigi tadashii”. Di masa modern, selain untuk menyapa, berterima kasih, dan juga meminta maaf, membungkuk juga bisa digunakan untuk dapat menyampaikan perasaan hormat, penghargaan, serta sebuah penyesalan. Rendahnya membungkuk pun juga tergantung dari pesan yang nantinya ingin disampaikan.

Kebersihan sebagai sebuah budaya

Sekolah-sekolah yang ada di Jepang tidak memiliki petugas kebersihan. Para murid dan guru memang terbiasa membersihkan segala sesuatunya sendiri. Mereka bisa membuang sampah, menyapu, hingga menyeka debu di bangunan sekolah paling tidak sekitar 30 menit di siang hari. Kebiasaan ini juga sudah tertanam dalam sistem nilai mereka. Tidak hanya itu saja, semua pekerja termasuk penjaga toko pun juga akan sangat menjunjung tinggi kebersihan. Mereka juga sangat terobsesi menjaga kebersihan lingkungannya.

Lebih sehat

Nasi merupakan salah satu dari makanan pokok mereka. Namun hal itu tentunya kurang mengenyangkan, kurang bergizi, dan juga sangat kalori. Sehingga, orang Jepang biasanya akan mencampur nasi dengan makanan lain seperti ikan, sayuran, makanan yang difermentasi, dan berbagai buah-buahan. Selain itu, cara makan mereka juga mencegah makan berlebihan dan juga menghilangkan kadar glikemik yang tinggi.

Gaya hidup aktif

Orang-orang di Jepang menjalani sebuah gaya hidup yang sangat aktif sejak kecil. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, di ketahui jika lebih dari 89 persen anak di Jepang sudah berjalan atau bersepeda ke sekolah. Hal ini membuktikan bahwa anak-anak Jepang memiliki paling tidak 60 menit aktivitas fisik sedang hingga tinggi. Selain itu, orang-orang di Jepang terbiasa juga berjalan kemana-mana bahkan sampai hingga lima kilometer. Penggunaan mobil di sana dilihat sebagai kemewahan atau hobi saja.

Tidak berisik di dalam transportasi publik

Ngobrol santai di dalam sebuah transportasi umum atau bahkan menerima telepon dengan suara yang mampu didengar oleh satu gerbong kereta mungkin akan sering kita jumpai di Indonesia. Tapi, ketika anda berada di dalam transportasi publik di Jepang anda akan merasa sangat sunyi, padahal jumlah orang yang ada di dalam sangat penuh layaknya sebuah ikan sarden yang berada di dalam sebuah kaleng.

Hal ini karena orang Jepang memang tidak ingin mengganggu ketenangan umum, jika ponselnya berbunyi mereka nantinya akan langsung menolak panggilannya atau berbicara sebentar menjelaskan bahwa mereka saat itu sedang berada di transportasi umum.

Sudah diajarkan mandiri sejak kecil

Kebiasaan baik dari warga Jepang tentunya tidak datang dengan sendirinya. Mereka yang memang sudah dididik sedari kecil untuk bersikap lebih sopan dan tertib. Mulai dari preschool dan TK anak-anak di Jepang mereka sudah dibiasakan mandiri, mereka akan diajarkan merapikan alat makannya, kemudian menaruh dan juga mencucinya sendiri.

Minat baca yang sangat tinggi

Tingkat membaca dari masyarakat Jepang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Di Jepang membaca seolah-olah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakatnya. Walaupun zaman sudah semakin canggih masyarakat Jepang memang tetap tidak melupakan kebiasaan membaca buku.

Mereka bisa membaca dimanapun mereka berada, bahkan di dalam sebuah transportasi publik sekalipun. Anak-anak di Jepang sudah dibiasakan membaca sejak dini, di sekolah mereka biasanya dibiasakan untuk membaca selama 10 menit sebelum melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar.

Bersepeda

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa orang-orang Jepang sangat aktif. Jepang adalah negara maju sehingga mereka bisa memproduksi sendiri kendaraan seperti motor dan juga mobil. Tapi, justru para pelajar yang ada di Jepang lebih memilih naik sepeda dibandingkan dengan naik motor atau mobil pribadi.

Sangat berbanding terbalik ya dengan kebanyakan pelajar di Indonesia yang lebih memilih berangkat sekolah menggunakan motor walaupun belum punya sim.

Demikian itulah beberapa karakteristik dari orang Jepang yang sangat unik dan juga menarik. Orang Jepang adalah orang-orang yang dikenal dengan etos kerjanya yang tinggi, maka tidak heran jika negara ini semakin lama semakin maju.